candi prambanan

Bookmark and Share


Candi Prambanan merupakan nama kelompok candi Yang dibangun Oleh raja-raja Dinasti Sanjaya FUNDS Abad IX. Ditemukannya tulisan NAMA Pikatan FUNDS candi menimbulkan pendapat bahwa candi Suami dibangun Oleh Rakai Pikatan Yang kemudian diselesaikan Oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka 856 M "Prasasti Siwargrarha" sebagai manifest Politik untuk meneguhkan kedudukannya sebagai raja Yang besar.Prasasti Siwargrarha years 856 M Yang dikeluarkan Oleh Rakai Pikatan tidak diketahui asalnya, kini disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Prasasti inisial MULAI menarik perhatian Penghasilan kena pajak J.G. De Casparis berhasil menguraikan Dan membahasnya. * Menurut Casparis ADA 3 Hal Penting Dalam, prasati nihil, yaitu: Bahasanya merupakan Contoh tertua prasasti berangka Yang years Yang ditulis Dalam, puisi Jawa kuna; Isinya memuat Bahan-Bahan atau Peristiwa-Peristiwa sejarah Yang Ulasan Sangat Penting Bahasa Dari pertengahan abas Ke IX M, Didalamnya terdapat Uraian Yang rinci tentang suatu "gugusan candi", sesuatu Yang Unik Dalam, epigrafi Jawa kuna.Dari Uraian Diatas Yang menarik adalah Peristiwa sejarah Dan Uraian tentang Pembangunan gugusan candi. Peristiwa sejarah Yang dimaksud adalah peperangan ANTARA Balaputeradewa Bahasa Dari Keluarga Sailendra Melawan Rakai Pikatan Bahasa Dari Keluarga Sanjaya. Balaputeradewa Kalah Dan melarikan Diri Ke Sumatera. Exploration Keluarga raja Rakai Pikatan ITU kemudian menjadi permulaan Bahasa Dari Masa baru Negara Yang Perlu diresmikan Artikel Baru Pembangunan suatu gugusan candi Besar.

Gambaran tentang gugusan candi seperti Yang disebut Dalam, prasasti Siwargrarha dapat dibandingkan Artikel Baru Kompleks candi Prambanan, gugusan candi Yang dibangun pusatnya dipagari Tembok Keliling Dan dikelilingi deretan candi perwara Oleh Yang disusun bersap hanya terdapat FUNDS candi Prambanan.Disebutkan pula candi Perwara sama Dalam, bentuk Dan ukuran.

Hal Lain Yang menarik adalah 2 buah candi Apit, masing-masing didekat Pintu masuk Utara Dan selatan.Keterangan mengenai gugusan candi Yang terletak didekat Sungai mengingatkan FUNDS gugusan candi Prambanan Artikel Baru Sungai Opak di Sebelah baratnya Dan Severe Bahasa Dari jarak pagar ANTARA Sungai Opak Dan gugusan candi Prambanan Dan adanya pembelokan Aliran Sungai kemungkinan pembelokan nihil terjadi diantara desa Klurak Dan Bogem. Artikel Baru demikian, tampaknya Uraian Yang terdapat Dalam, prasasti Siwargrarha tentang gugusan candi nihil lebih cocok Artikel Baru keadaan candi Prambanan.

Terjadinya suhunya Pusat kerajaan Mataram Ke Jawa Timur berakibat tidak terawatnya candi-candi di daerah adalah Prambanan, kondisi inisial semakin Parah Artikel Baru terjadinya Gempa bumi Dan beberapa Kali meletusnya Gunung Merapi Yang menjadikan candi Prambanan Runtuh Dan meninggalkan puing-puing batu berserakan Yang. Candi Prambanan dikenal Dilaporkan SAAT seorang Belanda Bernama CALons mengunjungi Jawa FUNDS years 1733 Dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi ditumbuhi Semak belukar Yang.

Usaha PERTAMA Kali untuk menyelamatkan candi Prambanan dilakukan Oleh Ijzerman FUNDS years 1885 Artikel Baru membersihkan bilik-bilik candi Bahasa Dari reruntuhan batu. FUNDS years 1902 dimulai pekerjaan Pembinaan Yang dipimpin Oleh Van Erp untuk candi Siwa, candi Wisnu Dan candi Brahma. Perhatian terhadap candi Prambanan Berkembang Terus. FUNDS years 1933 berhasil disusun Percobaan candi Brahma Dan Wisnu. Penghasilan kena pajak mengalami berbagai hambatan pemugaran diselesaikan Oleh Bangsa Indonesia, tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar Dan secara Resmi dinyatakan selasai Oleh Presiden Dr Ir. Sukarno.

Pemugaran candi di Prambanan wilâyah Terus dilaksanakan, diantaranya yaitu pemugaran candi Brahma Dan candi Wisnu. Pemugaran candi Brahma dimulai FUNDS years 1977 Dan telah selesai Dan diresmikan Oleh Prof Dr Haryati Soebandio tanggal 23 Maret 1987. Candi Wisnu MULAI dipugar FUNDS years 1982 selesai Dan diresmikan Presiden Soeharto Oleh tanggal 27 April 1991. Usaha atau kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi Yang berada di DEPAN candi Siwa, Wisnu Dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut.








{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment